Selasa, 22 November 2011

V-ixion vs Byson


byson-vs-vixion
Kadang, memilih kendaraan untuk dipakai sehari-hari itu, sama halnya dengan memilih pasangan hidup. Kalau tidak cocok, bisa ngaruh banget sama mood kita dalam beraktifitas. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan keuangan anda!
Kemarin, saat sedang asik menikmati kopi, teman saya tiba-tiba nyeletuk, “Eh, menurut kamu, mana yang lebih baik antara dua motor besutan Yamaha ini, Vixion atau Byson?”.  Sepertinya dia kebingungan harus pilih yang mana.
Jujur saja, saat itu saya tak bisa menjawabnya. Karena walau bagaimanapun, kedua kuda besi itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Akhirnya, karena penasaran, saya pun mencari data-data dari kedua motor sport rakitan pabrikan yamaha tersebut. Seperti inilah datanya:

Vixion

Dimensi

P x L x T2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
Jarak sumbu roda1282 mm
Jarak terendah ke tanah167 mm
Tinggi tempat duduk790 mm
Berat isi125 kg
Kapasitas tangki Bensi12 liter

Mesin

Tipe mesin4 Langkah, 4 Valve SOHC ? Fuel Injection, Berpendingin cairan
Jumlah/Posisi silinderCylinder Tunggal / Tegak
Volume silinder149.8 cc
Diameter x Langkah57.0 x 58.7 mm
Perbandingan kompresi10.40 : 1
Daya maksimum14.88 HP / 8.500 rpm
Torsi maksimum13.1 N.m / 7.500rpm
Sistem starterElectric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasanBasah
Kapasitas oli mesinTotal : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
Tipe Throttle Body(MIKUNI) AC28 x 1
Tipe koplingBasah, Kopling manual, Multiplat
Tipe transmisiReturn, 5 Kecepatan
Pola pengoperasian transmisi1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

Rangka

Tipe rangkaPressed Backbone (Delta box)
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan2,75 ? 17 41P
Ban Belakang90/90 ? 17 M/C 49 P
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol

Kelistrikan

Sistem PengapianT.C.I / Transistorized Coil Ignition (Digital)
BatteryYTZ5S-MF (MF Battery)
Tipe BusiCR8E (NGK)

Harga: Rp. 21.115.000,- Harga On The Road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Byson

Dimensi

P x L x T2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda1334 mm
Jarak terendah ke tanah160 mm
Tinggi tempat duduk790 mm
Berat isi137 kg
Kapasitas tangki Bensi12 liter

Mesin

Tipe mesin4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah/Posisi silinderCylinder Tunggal / Tegak
Volume silinder153 cm3
Diameter x Langkah58.0 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi9.50 : 1
Daya maksimum13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Torsi maksimum13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem starterElectric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasanBasah
Kapasitas oli mesinTotal : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Karburator(MIKUNI) BS26 x 1
Tipe koplingBasah, Kopling manual
Tipe transmisi5 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

Rangka

Tipe rangkaDiamond
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSuspensi Monocross
Ban DepanTubeless 100/80-17M/C 52P
Ban BelakangTubeless 120/70-17M/C 58P
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol

Kelistrikan

Sistem PengapianDC C.D.I
BatteryYTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery
Tipe BusiNGK / CPR 8EA-9

Harga: Rp. 20.040.000,- Harga On The Road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.
(Sumber: http://www.yamaha-motor.co.id)
Setelah melihat data-data diatas (standar pabrikan),  mungkin anda dapat menentukan pilihan sendiri. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan. sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kekuatan dompet. :)
Kalau menurut saya, bila anda mengingingkan motor yang  berteknologi tinggi dan bertenaga, sepertinya Vixion adalah pilihan yang tepat, karena telah dilengkapi dengan teknologi motor masa depan seperti: injeksi, liquid cooled, delta box, forged piston, diasil cylinder, etc.
Tapi kalau anda suka dengan desain yang futuristik bergaya streetfighter, sepertinya Byson lebih pas.
Sebagai tambahan referensi, coba lihat grafik berikut ini. grafik dibawah ini, menunjukan perbandingan tenaga antara Vixion dan Byson.
komprasi-vixion-byson-m-pro
Selamat memilih, guys!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar